Multimedia

Animasi adalah.....

23.33

 ANIMASI ~



Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkansecara berurutan.
1. Animasi Cel
v   Kata cel berasal dari kata “celluloid” yangmerupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak padatahun-tahun awal animasi.
  Biasanya digambar dengan menggunakantangan (hand-drawn animation)

 Animasi cel biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal.Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek denganlatar belakangnya, sehingga dapatsaling bergerak mandiri.

  Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama diaakan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar berikutnya, kemudian membuat lembaran yangberisi karakter ketika kaki diangkat, dan akhirnya karakter ketika kakidilangkahkan.

Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional dimana terdapat beberapa langkah pembuatannya:


i. Menyiapkan ide/storyboard (script)
Script/ide disiapkan berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan yang diserahkan ke directoranimasi.
ii. Voice Recording
Mempersiapkan segala musik, soundtrack, sound efek, dansuara karakter animasi yang dibuat.
iii. Animatics (story reel)
Biasanya dibuat setelah soundtrack selesai dibuat, sebelumseluruh animasi selesai dikerjakan.
Berisi gambar-gambar kejadian dan storyboard yang sesuaidengan adegan-adegan gambar.
iv. Design and Timing
Setelah animatics selesai disetujui, maka animatics akan dikerjakandi bagian design department.
Biasanya melibatkan character designers, background stylist,art director, color stylist, dan timing director.
v. Layout
Layout meliputi:sudut penataan kamera, lighting, dan shading.
vi. Animation
Animasi digambar dengan pensil berwarna di banyak kertas.
Perlu diperhatikan juga detail gerakan, penyesuaian waktu, dan penyesuaian gerakan mimik muka danmulut.
vii. Background
Background digambar dengan menggunakan water color, oilpaint, dan crayon.
viii. Traditional ink-and-paint and camera
Setelah semua selesai digambar maka akan dilakukan transfergambar diatas bahan yang disebut cel dan akan difoto dan diputar di kameraseperti dibawah ini:
ix. Digital ink and paint
Pada jaman sekarang digunakan scanner dan komputer.

2. Animasi Frame

Animasi frameadalah bentuk animasi paling sederhana.

3. Animasi Sprite

Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakangyang diam.
Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya:burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.

4. Animasi Path

Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergeraksepanjang garis kurva yangditentukan sebagai lintasan.
Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawatterbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.
Pada kebanyakananimasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan pathterjadi secara terus menerus.

5. Animasi Spline

Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehinggagerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.

6. Animasi Vektor

Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah,danpanjang.
Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakanrumus matematikauntuk menggambarkan sprite-nya.

7. Animasi Character

Animasi karakter biasanya terdapat di film kartun. Semuabagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaan. Software yang biasadigunakan adalah Maya Unlimited. Contoh film kartun yang dibuat denganMaya Unlimited adalah Toy Story dan Monster Inc.
Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek“hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek.
Visual efek dapat dibuat dengan cara:

•       Motion dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.
•       Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna,struktur, dan tekstur)
•       Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera.

Adalah teknik pengolahan animasimenggunakan komputer dengan tool untuk membuat visual effect.

1. Input proces
Sebelum komputer dapat dipakaidalam animasi, gambar harus didigitalisasi untuk membentuk keyframeterdigitasi.

2. Composition Stage
Adalah stage dimana foreground dan backgrounddikombinasikan untuk menghasilkan individual frame untuk animasi final.
Hal ini dapat dilakukan denganmenggunakan “image-composition techniques”, yaitu dengan menempatkan lowresolution frame dalam array.

3. Inbetween Process
Pergerakan dari satu posisi ke posisi lain membutuhkan komposisi framedengan posisi intermediate antar key frame.

4. Pengubahan warna
Untuk mengubah warna animasi digunakan CLUT (Color Look Up Table) pada frame buffer. Animasi pengubahan warna dilakukan dengan cara memanipulasi LUT (misalnya dengan mengganti warna secara berurutan) daripada mengganti keseluruhan gambar dengangambar yang baru yang pasti akan memakan bandwidth lebih besar.

Ada 3 kategori bahasa animasi:

1. Linier-list Notations
Semua event dalam animasi ditulisdengan sebuah awal dan akhir nomor frame dan sebuah aksi yang akan dilakukanpada suatu koordinat tertentu.

2. General Purpose Language
Dilakukan dengan menempelkan animasi pada bahasa pemrograman biasa. Nilaidari variabel pada bahasa pemrograman tersebut dijadikan sebagai parameteruntuk prosedur, untuk membuat animasi.

3. Graphical Language
Graphical Language adalah bahasavisual yang mampu memvisualisasikan aksi dari perintah-perintah untuk membangunanimasi.


1. Full Explicit Control
Animator mengatur seluruh kontrol animasi dengan segala perintahperintah yang akan dilakukan dalam animasi, bahkan untuk data-data seperti interpolasi dan rotasi dilakukan secara eksplisit atau berdasarkan inputan darimouse, keyboard, atau joystick.

2. Procedural Control
Berdasarkan komunikasi antar obyekuntuk mendapatkan property nya.
Control yang terjadi adalah control antara satu obyek dengan obyek yanglain. Misalnya: suatu obyek bola tidak boleh melewati obyek dinding.

3. Constraint-based System
Pengontrolan terjadi karenapengaruh obyek lain, dimana obyek tersebut berinterakasi.

4. Tracking Live Action
Pengontrolan terjadi berdasarkankenyataan yang ada sesuai dengan dunia nyata.

5. Kinematics and Dynamics
Kinematik berdasarkan posisi dankecepatan dari point.


1. Symbolic Representation
Obyek animasi (misal bola)direpresentasikan bersamaan dengan perintah operasinya (bola digelindingkan),kemudian di sisi penerima baru ditampilkan
Ukuran file lebih kecil, tetapiwaktu untuk mendisplay akan lebih lama karena harus ada scan-converting telebih dahulu di sisi penerima.

2. Pixmap Representation
Pixmap ditransmisikan semua danditampilkan di sisi penerima.
Waktu transmisi lebih lama, namunwaktu mendisplay lebih cepat

•       Animasi buatan Jepang. Anime biasanya menggunakan tokoh-tokoh karakter dan backgroundyang digambar menggunakan tangan dan sedikit bantuan komputer.
•       Cerita anime biasanya bermacam-macamjenis (adventure, science fiction, children, horror, action, dan drama),memiliki banyak tokoh cerita, dan ada yang dibukukan dalam bentuk komik (ataudisebut manga) dan disiarkan di televisi dan video, bahkan ada yang dibuatgame-nya.
•       Bishojo= 'beautiful girl', digunakan untuk mendeskripsikan anime yang menceritakantentang karakter gadis cantik yang gagah.
Contoh: Magic Knight Rayearth
•       Bishonen= 'beautiful boy', digunakan untuk mendeskripsikan anime yang menceritakantentang pemuda tampan dan elegan.
Contoh: Fushigi Yugi, Kindaichi.
•       Kodomo= 'child', anime yang ditujukan untuk anak kecil.
Contohnya: Doraemon.
•       Mecha:anime yang menceritakan tentang robot raksasa.
Contoh: Mobile Suit Gundam.

•       Moé:anime tentang karakter yang sangat gagah
Contohnya: Naruto.
•       Seinen:anime yang ditargetkan untuk pemuda
Contohnya: Oh My Goddess!,Kungfu Boy, Kenji.
•       Sentai/SuperSentai = "fighting team" yang meracu pada team superhero
Contoh: harlem beat, shoot!,Mini 4WD.
•       Shojo:= 'young lady' atau 'little girl'
Contoh: Fruits Basket.
•       MahoShojo: = 'Magical Girl‘
Contohnya: Sailor Moon.
•       Shonen:anime untuk anak kecil pria
contoh: Dragon Ball Z.




Poem

Nyanyian Batuk

23.22

Nyanyian Batuk


(Rate : Pembaca hanya untuk orang ++Aneh :P )

Nyanyian Batuk


Nyanyian batuk.
Pengusir ampuh kantuk.
Tak peduli betapa kau mendengarnya sampai suntuk.
Uhuk... Uhuk.. Uhuk...

Begitu merdu suaranya.
Lembut berbisik memekakkan telinga.
Mereka mulai bercerita.
Para tetanggapun terusik olehnya.
Riak-riuk menusuk dada.
Aduh, sampai ada yang tertular pula.
Obat batuk sudah habis lima.
Tapi sembuh tak kunjung tiba.
Akupun lupa sudah bercerita sampai mana.
Tau-tau sudah sampai Pluto saja
Semoga nyanyian batuk ini tak terdengar alien disana.
Mungkin pembaca, sudah mengiraku gila. :D

sekian, nyanyian batuk tersampaikan :D




(aku enggak tau ini poem, atau curhatan. tapi kukira dua-duanya boleh :D )

Fiksi

Cerita Angin (Feel)

23.58

Cerita Angin 



Hope, Wish and Dreams.


Saya peruntukkan untuk membantu kaum jomblo yang sekaligus menjabat sebagai letkol Secret Admirer.


Wonderland, March 9th 2014.
Untuk kamu yang sedang membaca,
Ytp. di tempat.

Salam hangat,
Halo? Apa kabar kamu disana? Saya melihatmu tumbuh sehat. Tidak usah menanyakan bagaimana kabar saya karena saya "baik-baik saja" kok. Sekarang kamu sibuk ya? kok nggak pernah online lagi? Saya ingin tau apa yang kamu lakukan. Walaupun jika saya tau, rasanya saya bisa sakit hati. Saya hanya ingin bercerita sebentar. Kamu mau mendengarnya? Saya harap kamu punya waktu untuk membaca cerita saya.

Suatu hari di negeri yang indah hidup seorang pemuda tampan, ia berteman dengan gadis seberang desa. Sutu ketika pemuda itu sakit, tanpa ia tau - gadis diseberang desa telah menyukainya lama. Ia mendoakan si pemuda itu agar cepat sembuh. Karena ia tidak bisa menjenguk dia hanya bisa berdoa. Jarak desa mereka sangat jauh. Dia hanya bisa mencari kabar sang pemuda lewat orang-orang sekitarnya yang sering berkunjung ke desa si pemuda.

Suatu ketika si pemuda sembuh. Dia keluar dari rumah dan menuju ladang gandum untuk refreshing setelah terkurung dalam rumah ketika sakit. Terbesit ia ingin menemui temannyadi seberang desa. Akhirnya mereka bertemu di perbatasan desa tanpa sengaja. Mereka lalu berbincang-bincang cukup lama, hingga tak ada topik untuk dibicarakan. Mereka saling diam.
"Kamu bisa melihat angin?" tanya si gadis tiba-tiba.
"Tentu saja, tidak" jawab si pemuda heran.
"Tapi kamu bisa merasakannya, kan?" tanya si gadis memejamkan mata dan merasakan angin yang berhembus.
Pemuda itu mengaguk. Dan gadis itu tersenyum.
"Apa kamu juga bisa mendengar suara kumbang ini?" gadis itu menunjuk kumbang merah yang ada di tangannya.
Pemuda itu mengkerutkan dahi. "Tidak"
Si gadis tersenyum tipis.
"Tapi percayakah kamu kumbang ini dapat berbicara?"
Si pemuda berpikir keras mencerna apa yang di tanyakan gadis itu.
Kemudian dia mengangguk. "Mereka pasti dapat berbicara namun kita tak bisa mendengarnya"
"Jika kamu bisa merasakan angin, seharusnya kamu juga bisa merasakan ini juga. Kamu perlu tau, terkadang apa yang tidak kita dengar itu ada" kata si gadis.
Pemuda itu hanya bisa mengerjap tidak tau maksudnya.


Gadis itu hilang setelah pertemuan mereka yang terakhir kalinya. Berbulan-bulan tidak ada kabar. Pemuda itu kini merasa kehilangan. Hingga suatu hari ia sadar maksud dari apa yang pernah gadis itu ucapkan. Karena hal itu, pemuda itu bertekad untuk menemukan si gadis seberang desa yang telah mengisi hatinya.

If you know wah i mean. Kamu bisa merasakan angin bukan? Jika kamu bisa kamu harusnya tau rasa ini apa. Cukup sampai disini. Saya tau kamu masih memikirkan kata-kata tadi. Saya hanya berharap kamu bisa merasakannya - dan tidak memungkiri apa yang telah kamu rasa :)


Salam,

-Penggemar rahasiamu




--------


Ytp : Yang tidak peka
"baik baik saja" : Im trying to be okay. But seeing you with her. Just don't feel alright.

Review

ありがとう Someone

00.31

Tahun 2013 lalu saya berencana buat novel Two White Anemone terbesit setelah saya sukses di cerpen "Paper Plane In the Rain" yang masuk dalam Antologi Bisikan Hujan, Sembilan Mutiara Publishing.

Ini cover antologi saya yang pertama.





Bisikan Hujan

Para Penulis
Dita Ayu Maharani, Zuhrisnaini Adaminata, Dkk

Koordinator Naskah
Dita Ayu Maharani

Desain Sampul
Septiana SM

Tata letak
Tim Sembilan Mutiara

Penerbit
Sembilan Mutiara Publishing Trenggalek
Email : sembilanmutiara@ymail.com
Web: www.sembilanmutiara.com
Hp: 081 335 865 671

Cetakan pertama, Januari 2014
Viii + 240 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 978-602-1264-10-2

...........................

Daftar Isi

Pengantar Redaksi iii
Daftar Isi v
1. Riany Reunion karya N Tiiiee 1
2. Di Bawah Air Hujan karya Nurhikmah Hakiki 9
3. Thunder And Rain karya Ocha Thalib 15
4. Halte karya Prihantoro ES 21
5. Rinai Rintik Cinta Di Bukit Batu
karya Ratih Anggraini 27
6. Melepas Kabut karya Reffi Dinar 35
7. Bangunkan Aku Ketika Kemarau Tiba
karya Rela Sabtiana 41
8. Kisah Hujan Di Bulan November
karya Renna Vindy 47
9. When The Rain Comes Down
karya Retno Wahyuningsih 57
10. Peper Plane In The Rain karya Ria Leu 59
11. Hujankah Di Sana? Karya Rismalinda 67
12. Luka Di Balik Hujan karya Rivi Ririz 75
13. Hujan Dan Qy karya Riyanti binti Rochmad 83
14. Hujan Menggantung karya Rosdiana NH 89
15. Hanyutan Beban karya Sam’ah 93
16. Kasih Berkisah Lengkungan Pelangi
karya Santi Sumiati 99
17. Gerimis Sore Ini karya Senja Feby 107
18. Hujan Terindah karya Shofy Ada 113
19. Hujan Membawaku Kembali Bersamamu
Karya Siti Andriana 119
20. Dipertemukan Hujan karya Sule Subaweh 127

21. Jas Hujan Pelangi karya Susi Retno J 133
22. Sepasang Bola Mata karya Tamia Widi N 141
23. Aku Merindu Padanya karya Ukhti Nabilah 147
24. Dua Hati Di Bawah Gerimis karya Vian Carina 155
25. Spongegirrl karya Wa Ode Puspa Khairunnisa 163
26. Damai Hujan Pasir Putih karya Widya Rahmawati 171
27. Merindu karya Wilis 175
28. Ayra Dan Hujan karya Wiwied Kinash 183
29. Berkelebat Dalam Hujan November
karya Yara Purnama 189
30. Hujan Semalam karya Zainul Ma’rif 197
31. Bisikan Hujan karya Zuhrisnaini Adaminata 205
32. Heart karya Ardini N. Wijaya 211
33. Punai Yang Berduka karya Hariani S, Pd 217
34. Pelangi, Doa dari Ayah untuk Pia
karya Redi Awal Maulana 223
35. Aku, kamu dan Hujan.
Karya Dita Ayu Maharani 231
Coba tebak punya saya yang mana? :D 

Jadi di sini saya mau menceritakan kisah dibalik Antologi saya. Saya harap dia membaca catatan ini sebenarnya :"


Saya tau saya hanya seseorang yang memiliki ego tinggi...
Berharap seseorang melihat saya...
Maka saya menuliskan kisah itu untuknya...
Aku tak pernah dimintanya menulis tentang dia..
Tapi hati saya telah dipilih...
Untuk menulis kisah untuknya...
Terima kasih, atas apa yang telah kamu inspirasikan ke saya.
Atas waktu selama ini. 
Saya senang bertemu dia.
Saya tidak pernah menyesal sedikitpun, walaupun saya sakit.
Tidak.
Saya malah bersyukur bertemu dia.
Melihat dia tersenyum.
Melihat dia tertawa.
Berbicara dengan dia.
Adalah hal yang indah bagi saya.
Meskipun saya tidak bisa mencapai dia.
Terlalu jauh.
Terlalu bermimpi.
Saya paham.
Namun saya rasa,
dengan dia mimpi saya hidup.
Saya belum merasakan ini sebelumnya.
Semangat saya terbakar.
Saya ingin terus menulis.
Bersamanya.
Hidupkan lagi mimpi.. mimpi..
cinta.. cinta...
Saya hanya berharap saya bisa terus seperti dulu lagi.
Berbicara tanpa ada dinding penghalang.
Memandanganya tanpa ada rasa takut.
Saya tau saya berlebihan.
Dan saya tau, Kamu pasti berpikir saya lain waktu saya menulis hal ini.
Yang saya tau, saya ingin...
Ah terlalu jauh...
Saya tau...
Saya hanya ingin bilang...
Untuk pertama kalinya saya mengakuinya..
Saya merasakan angin itu ada ketika pandangan pertama..
Terima kasih telah menjadi sumber inspirasi saya selama ini.
Menjadikan saya lebih hidup sebagai titel penulis.
Menjadikan saya semangat untuk menuliskan kisah baru.
Arigatou, A.

Flickr Images